Labels

Rahasia Membesarkan badan dan Membentuk Otot

Membesarkan badan dan Membentuk Otot menjadi lebih mudah kalau anda mengetahui 3 rahasia ini. Hal-hal ini harus dilakukan dengan konsisten :

1. Angkat beban dengan intensitas
2. Mengusahakan nutrisi yang tepat dan cukup
3. Cukup istirahat-tidur

Ingatlah "Mengangkat beban mencoba untuk  Membesarkan badan dan Membentuk Otot tanpa mengusahakan NUTRISI yang tepat dan cukup sama saja dengan membuang waktu percuma !"
Saya juga membuat artikel dengan Label Nutrisi untuk membantu anda mengerti kebutuhan tubuh kita akan nutrisi dan bagaimana cara kerja tubuh kita terhadap nutrisi dan latihan.

Angkat beban dengan intensitas

Kita harus mengangkat beban untuk menjadi kuat dan membangun otot. Besarnya badan mengikuti bertambahnya kuatnya kita, anda tidak bisa menjadi besar tanpa menjadi lebih kuat. Kalau Anda mau bertambah besar dengan cepat maka harus latihan berat yang mana berarti 5x seminggu dengan intensitas tinggi/seberat mungkin sampai batas kemampuan anda.

Mengusahakan nutrisi yang tepat dan cukup

Percaya atau tidak, Mengangkat beban adalah bagian yang MUDAH dalam Membesarkan badan dan Membentuk Otot, NUTRISI adalah bagian yang sulit.
Kebanyakan orang mendapatkan hasil yang minimal dalam binaraga bukan dikarenakan latihan yang kurang berat tetapi kebanyakan dikarenakan oleh nutrisinya yang tidak mencukupi dan tidak tepat. Meminum protein shake setelah latihan tidak berarti mendapatkan nutrisi yang baik! Ini bisa memakan waktu sampai dengan 5 hari untuk otot bisa pulih kembali-rebuild setelah latihan dan selama itu anda memerlukan asupan protein yang cukup. Meminum protein shake setelah latihan bisa menjadi permulaan yang baik tetapi anda harus menjaga nutrisi yang baik sampai dengan 5 hari setelah latihan dan kalau anda berlatih 2x seminggu berarti anda memerlukan nutrisi yang baik setiap hari !
Badan kita tidak bisa menyimpan protein,jadi sekali makan steak dengan porsi besar tidak akan berhasil. Untuk hasil yang maksimal ,kita harus mempunyai asupan protein 4x-6x dalam porsi kecil sehari bukan 1x dengan porsi jumbo, kalau memungkinkan juga, lebih baik setiap porsi memiliki jumlah protein yang kurang lebih sama untuk memastikan pemulihan otot/recovering muscles selalu mempunyai asam amino yang diperlukan untuk membangun otot kembali. Tidak seorangpun pernah berkata binaraga adalah mudah.
Jika anda tidak bisa makan sehari 6x maka protein powder/protein bubuk dicampur susu atau air bisa menjadi pengganti yang cepat dan lebih murah,tapi selalu ingat Makanan yang sesungguhnya selalu lebih baik! Jadi sekali lagi, Nutrisi adalah hal yang sama penting dengan angkat beban kalau kita mencoba menambahkan massa otot pada tubuh kita.
Baca : http://bodymx.blogspot.com/2013/05/protein-calculator.html
Mengkonsumsi lebih banyak dari ini tidak akan membuat otot kita berkembang lebih cepat,tapi akan membuat kita gemuk !!

Cukup istirahat-tidur

Ada dua tipe istirahat yang anda butuhkan,Mari kita mulai dengan tidur. Malam hari adalah waktu yang sangat penting untuk membangun/menambah otot. Hormon pertumbuhan/perbaikan kita meningkat tajam pada waktu kita tidur malam hari,jadi sangatlah penting untuk bisa mengusahakan tidur yang baik supaya kita bisa meng-optimal-kan produksi hormon perbaikan. 
Hal penting yang lain kalau kita cukup istirahat berhubungan dengan diet. Kalau kita mengkonsumsi sedikit kalori dan tidak mendapatkan cukup tidur,badan kita bukannya membakar lemak tetapi otot kita yang akan berkurang. 
Berapa lamakah tidur itu cukup?? Kalau kita bangun secara natural/alamiah tanpa alarm clock, itu baru cukup tidur ! Kalau alarm yang membangunkan kita berarti kita tidak mendapatkan tidur yang cukup.
Mendapatkan tidur yang cukup juga mengurangi keadaan overtraining/kelebihan latihan.

Berbicara mengenai overtraining, marilah kita bicara soal istirahat yang lain,waktu istirahat diantara latihan/workout. Berapa lama waktu istirahat yang kita perlukan tergantung dari tingkat pengalaman kita.
Pemula dapat berlatih setiap hari atau hari apapun,sedangkan binaraga pada tingkat yang lebih tinggi/advanced harus menunggu 3-6 hari diantara latihan. Tolong di ingat ketika saya mengatakan binaraga advanced memerlukan lebih banyak waktu istirahat,maksudnya untuk bagian badan/otot tertentu karena mereka mengangkat beban lebih berat dari pemula. Contoh: Kalau anda binaraga advanced dan latihan otot dada pada hari senin,itu artinya anda tidak seharusnya berlatih otot dada lagi sampai hari kamis paling cepat,tetapi tidaklah mengapa untuk melakukan latihan kaki pada hari selasa,dan latihan otot punggung/back pada hari rabu !

No comments:

Post a Comment